Kumpulan informasi bagus dan keren

Cara Agar Mobil Irit Bahan Bakar

Cara Agar Mobil Irit Bahan Bakar - Salah satu hal yang bisa membuat pusing kalau memiliki mobil adalah boros dalam pemakaian bahan bakar. Apalagi beberapa waktu lalu pemerintah sudah menaikkan harga BBM yang tentu saja akan menambah pengeluaran kalau mobil yang di miliki boros bahan bakarnya.

Ada beberapa kiat yang bisa di lakukan pemilik mobil agar kendaraan yang di milikinya bisa lebih hemat. Contohnya pada saat Anda sedang melakukan perjalanan dengan mobil Anda dengan Cara Agar Irit Bahan Bakar Selama Perjalanan yang sudah di posting sebelumnya. Postingan cara menghemat bahan bakar mobil kali ini masih melanjutkan postingan sebelumnya yang mungkin perlu Anda ketahui juga agar bisa menekan pemakaian BBM mobil Anda diantaranya adalah sebagai berikut :

mobil irit bbm


Cara menghemat bahan bakar mobil :

1. Mengendarai mobil dengan halus
Pada saat sedang berkendara, usahakan agar mengemudikan mobil Anda dengan kecepatan yang konstan hal ini akan membuat mobil jauh lebih efisien dan juga mengurangi polusi. Tidak berpergian pada waktu jam sibuk serta menghindari lalu lintas yang padat. Jangan pula sering sering menginjak pedal gas, pengeluaran bahan bakar juga makin banyak.


2. Cobalah mengurangi pemakaian mobil Anda
Perlu di ketahui bahwa kendaraan jauh lebih boros dan lebih akan mengeluarkan lebih banyak polusi ketika dinyalakan dan dikendarai dengan jarak tempuh yang pendek. Alasannya karena catalytic converter (yang mengurangi emisi polusi udara) tidak akan bisa beroperasi dengan baik hingga mesin mobil Anda benar-benar hangat. Jarak tempuh yang kurang dari 5 km biasanya tidak memungkinkan mesin mobil mencapai suhu operasi puncaknya.

3. Gunakan gigi yang tepat
Pada waktu mengendarai mobil menggunakan gigi rendah bisa membuat mobil yang Anda miliki jadi lebih boros konsumsi bbm nya. Sedangkan kalau Anda membiarkan mobil Anda berada pada top gear pada waktu melintasi jalan yang menanjak atau daerah perbukitan juga akan menghambur-hamburkan BBM yang ada di tangki mobil. Apabila mobil bertransmisi manual, segera saja oper gigi setelah mobil nyaman dengan posisi gigi yang lebih tinggi, meski demikian usahakan jangan berakselerasi yang berlebihan.

4. Perhatikan ban mobil Anda
Pada waktu ban mobil dalam keadaan kempes atau kurang angin, hal ini jugda bisa jadi salah satu penyebab mengapa mobil yang Anda miliki boros dalam pemakaian bahan bakarnya. Coba selalu perhatikan tekanan angin pada ban mobil Anda. Pakah kempes/kurang angin atau tidak. Selain hemat dalam penggunaan bahan bakar melainkan juga dapat membuat ban mobil lebih awet.

5. Perawatan mobil
Coba secara berkala untuk menserviskan  mobil Anda. Gunakan hanya bahan bakar yang sesuai dan memang direkomendasikan untuk mobil Anda. Perhatikan kondisi mesin agar kinerja mobil Anda juga tetap bagus dan terawat. Hal yang demikian juga dapat membuat mobil jadi lebih irit pemakaian BBM nya.